18 Cara Mengecek Versi Windows dengan Mudah Terbaru 2024

ViaByte.Net

Mengecek Versi Windows

Windows, sebagai sistem operasi yang paling populer di dunia, hadir dalam berbagai versi dan edisi.

Memeriksa versi Windows yang Anda gunakan adalah langkah penting untuk memastikan kompatibilitas perangkat lunak, memperbaiki masalah sistem, atau sekadar mengetahui informasi lebih lanjut tentang komputer Anda.

Artikel ini akan membahas beberapa cara mudah untuk melakukan pengecekan versi Windows.

Beragamnya Versi Windows

Setiap versi Windows memiliki ciri khasnya sendiri dan sering kali disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebagai contoh, Windows 7 dikenal karena stabilitasnya yang tinggi dan antarmuka yang mudah digunakan, sementara Windows 10 menawarkan fitur-fitur modern seperti Cortana dan Microsoft Store.

Selain itu, ada juga edisi khusus seperti Windows 10 Pro, Windows 10 Home, dan Windows 10 Education yang ditujukan untuk pengguna dengan kebutuhan yang berbeda.

Pentingnya Memeriksa Versi Windows

Memeriksa versi Windows yang Anda gunakan memiliki beberapa keuntungan, termasuk:

  • Kompatibilitas Perangkat Lunak: Beberapa perangkat lunak mungkin memerlukan versi Windows tertentu untuk berjalan dengan baik. Dengan mengetahui versi Windows Anda, Anda dapat memastikan bahwa perangkat lunak tersebut kompatibel dengan sistem Anda.
  • Pembaruan Sistem: Pembaruan sistem sering kali ditujukan untuk versi Windows tertentu. Dengan mengetahui versi Windows Anda, Anda dapat memastikan bahwa Anda menerima pembaruan yang sesuai dengan sistem Anda.
  • Perbaikan Masalah: Memeriksa versi Windows juga dapat membantu Anda dalam memperbaiki masalah yang mungkin timbul pada sistem Anda. Beberapa masalah mungkin memiliki solusi yang spesifik untuk versi Windows tertentu.

Cara Mudah Memeriksa Versi Windows

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memeriksa versi Windows yang Anda gunakan:

1. Melalui Pengaturan (Settings)

Pengaturan Windows menyediakan cara yang mudah dan langsung untuk melihat versi Windows yang sedang digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan: Buka menu Start dan klik ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan atau cukup tekan tombol Win + I pada keyboard.
  2. Pilih “System”: Di jendela Pengaturan, klik pada opsi “System” untuk masuk ke menu Sistem.
  3. Periksa Informasi “About”: Di sebelah kiri, klik opsi “About” (Tentang) untuk melihat informasi terperinci tentang komputer Anda, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.
  4. Periksa Versi Windows: Di bagian “About”, Anda akan melihat informasi tentang edisi Windows, nomor versi, dan lainnya di bawah “Windows specifications”.

2. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Command Prompt adalah alat yang kuat untuk melakukan berbagai tugas administratif di Windows, termasuk memeriksa versi sistem operasi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt: Buka menu Start, ketik “cmd” dalam kotak pencarian, kemudian klik ikon Command Prompt yang muncul.

2. Ketik Perintah: Di jendela Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

systeminfo | findstr /B /C:"OS Name" /C:"OS Version"

Perintah ini akan menampilkan informasi tentang nama dan versi sistem operasi Anda.

3. Melalui Run Dialog

Jendela Run Dialog menyediakan cara cepat untuk mengakses berbagai utilitas dan fitur di Windows, termasuk informasi sistem. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Run Dialog: Tekan tombol Win + R pada keyboard untuk membuka jendela Run Dialog.

2. Ketik Perintah: Ketik perintah berikut di dalam kotak dialog dan tekan Enter:

winver

Ini akan membuka jendela “About Windows” yang menampilkan informasi detail tentang versi Windows yang Anda gunakan.

4. Menggunakan “System Information”

“System Information” adalah utilitas bawaan Windows yang memberikan informasi rinci tentang berbagai aspek dari sistem Anda, termasuk versi Windows. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka “System Information”: Buka menu Start, cari “System Information” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi yang muncul.
  2. Periksa Versi Windows: Di jendela “System Information”, cari entri yang berjudul “OS Name” dan “OS Version” untuk mengetahui versi Windows Anda.
Baca juga:  Segala Hal yang Perlu Diketahui tentang Windows 10

5. Melalui Control Panel

Control Panel adalah pusat pengaturan yang luas untuk berbagai fitur dan pengaturan di Windows. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa versi Windows melalui Control Panel:

  1. Buka Control Panel: Buka menu Start, ketik “Control Panel” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi Control Panel yang muncul.
  2. Pilih “System and Security”: Di Control Panel, pilih opsi “System and Security”.
  3. Klik “System”: Di dalam kategori “System and Security”, Anda akan melihat opsi “System”. Klik opsi ini untuk membuka jendela yang berisi informasi tentang sistem Anda.
  4. Periksa Informasi Sistem: Di jendela “System”, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang Anda gunakan, bersama dengan informasi lain seperti spesifikasi komputer dan pengaturan sistem lainnya.

6. Menggunakan “Settings” di Control Panel

Selain melalui pengaturan modern, Anda juga dapat memeriksa versi Windows melalui “Settings” di Control Panel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel: Buka menu Start, ketik “Control Panel” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi Control Panel yang muncul.
  2. Pilih “Settings”: Di Control Panel, Anda akan melihat opsi “Settings”. Klik opsi ini untuk membuka jendela “Settings”.
  3. Pilih “System”: Di dalam “Settings”, cari dan klik opsi “System”. Ini akan membuka jendela dengan informasi tentang sistem Anda.
  4. Periksa Informasi Sistem: Di dalam jendela “System” di “Settings”, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang Anda gunakan, serta detail lainnya tentang komputer Anda.

7. Melalui Registry Editor

Registry Editor adalah alat bawaan Windows yang memungkinkan Anda untuk mengedit registry sistem. Anda juga dapat menggunakan Registry Editor untuk melihat informasi tentang versi Windows. Namun, harap berhati-hati saat menggunakan Registry Editor karena mengedit registry dapat berpotensi merusak sistem jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

  1. Buka Registry Editor: Buka menu Start, ketik “regedit” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi Registry Editor yang muncul.
  2. Navigasi ke Key yang Tepat: Di dalam Registry Editor, navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion.
  3. Periksa Versi Windows: Di panel sebelah kanan, cari entri bernama “ProductName” dan “CurrentBuildNumber”. Ini akan memberikan informasi tentang versi dan build Windows yang sedang digunakan.

8. Menggunakan PowerShell

PowerShell adalah lingkungan perintah baris yang kuat yang diperkenalkan oleh Microsoft. Anda dapat menggunakan PowerShell untuk memeriksa versi Windows dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka PowerShell: Buka menu Start, ketik “PowerShell” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi PowerShell yang muncul.

2. Ketik Perintah: Di jendela PowerShell, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

Get-CimInstance Win32_OperatingSystem | Select-Object Caption, Version

Perintah ini akan menampilkan informasi tentang nama dan versi sistem operasi Windows yang sedang digunakan.

9. Menggunakan Command Prompt (Run as Administrator)

Anda juga dapat menggunakan Command Prompt dengan hak administrator untuk memeriksa versi Windows. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt (Administrator): Buka menu Start, ketik “cmd” dalam kotak pencarian, klik kanan pada “Command Prompt”, dan pilih “Run as administrator”.

Baca juga:  Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Windows 11

2. Ketik Perintah: Di jendela Command Prompt yang muncul, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

ver

Perintah ini akan menampilkan nomor versi Windows yang sedang digunakan.

10. Melalui Desktop

Selain menggunakan berbagai perintah dan pengaturan, Anda juga dapat memeriksa versi Windows secara langsung melalui desktop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Lihat Pada Desktop: Cukup lihat pada desktop Anda. Kadang-kadang, informasi tentang versi Windows dapat ditampilkan secara langsung di desktop, biasanya di sudut kanan bawah atau di tempat lain yang mudah ditemukan.
  2. Klik Kanan pada “This PC” atau “My Computer”: Klik kanan pada ikon “This PC” atau “My Computer” di desktop dan pilih “Properties”. Ini akan membuka jendela dengan informasi tentang sistem Anda, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.
  3. Periksa Informasi Sistem: Di jendela “System Properties”, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang sedang digunakan, bersama dengan detail lainnya seperti spesifikasi komputer dan pengaturan sistem lainnya.

11. Melalui Informasi Sistem (System Information)

Windows menyediakan utilitas bawaan yang disebut “System Information” yang memberikan informasi rinci tentang sistem Anda, termasuk versi Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka “System Information”: Buka menu Start, cari “System Information” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi yang muncul.
  2. Periksa Versi Windows: Di jendela “System Information”, cari entri yang berjudul “Windows Version” atau “OS Version” untuk mengetahui versi Windows yang Anda gunakan.

12. Melalui Command Prompt dengan Systeminfo

Selain menggunakan perintah ver di Command Prompt, Anda juga dapat menggunakan perintah systeminfo untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang sistem Anda, termasuk versi Windows. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt: Buka menu Start, ketik “cmd” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi Command Prompt yang muncul.

2. Ketik Perintah: Di jendela Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

systeminfo

Perintah ini akan menampilkan informasi rinci tentang sistem Anda, termasuk informasi tentang versi Windows yang sedang digunakan.

13. Melalui “Settings” di Menu Start

Pada beberapa versi Windows, Anda juga dapat memeriksa versi Windows melalui opsi “Settings” di menu Start. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Menu Start: Klik ikon Windows di sudut kiri bawah layar untuk membuka menu Start.
  2. Pilih “Settings”: Di menu Start, cari dan klik opsi “Settings”. Ini akan membuka jendela “Settings”.
  3. Periksa Informasi Sistem: Di dalam jendela “Settings”, cari dan klik opsi “System”. Di bagian bawah daftar opsi di sebelah kiri, Anda akan melihat informasi tentang versi Windows yang sedang digunakan.

14. Menggunakan Command Prompt dengan ver

Perintah ver adalah salah satu cara termudah dan cepat untuk memeriksa versi Windows yang sedang digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt: Buka menu Start, ketik “cmd” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi Command Prompt yang muncul.

2. Ketik Perintah: Di jendela Command Prompt, cukup ketik perintah berikut dan tekan Enter:

ver

Perintah ini akan menampilkan nomor versi Windows yang sedang digunakan.

15. Melalui Pengaturan (Settings) di Windows 11

Jika Anda menggunakan Windows 11, Anda juga dapat memeriksa versi Windows melalui pengaturan modern. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan: Buka menu Start, kemudian klik ikon pengaturan (ikon roda gigi) untuk membuka Pengaturan.
  2. Pilih “System”: Di jendela Pengaturan, klik pada opsi “System”.
  3. Pilih “About”: Di sebelah kiri, klik opsi “About” (Tentang) untuk melihat informasi terperinci tentang komputer Anda, termasuk versi Windows yang sedang digunakan.
  4. Periksa Versi Windows: Di bagian “About”, Anda akan melihat informasi tentang edisi Windows, nomor versi, dan lainnya di bawah “Windows specifications”.
Baca juga:  3 Cara Mengganti Nama Komputer di Windows 10

16. Menggunakan Command Prompt dengan wmic

WMIC (Windows Management Instrumentation Command-line) adalah utilitas yang kuat yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan memantau sistem Windows melalui baris perintah. Anda dapat menggunakan WMIC untuk memeriksa versi Windows dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt: Buka menu Start, ketik “cmd” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi Command Prompt yang muncul.

2. Ketik Perintah WMIC: Di jendela Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

wmic os get Caption, Version
  1. Perintah ini akan menampilkan informasi tentang nama dan versi sistem operasi Windows yang sedang digunakan.

17. Melalui “Run” Dialog dengan Winver

Jendela Run Dialog adalah alat yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai utilitas dan fitur di Windows dengan cepat. Anda dapat menggunakan jendela Run Dialog untuk melihat versi Windows dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Jendela Run Dialog: Tekan tombol Win + R pada keyboard untuk membuka jendela Run Dialog.

2. Ketik Perintah Winver: Di dalam kotak dialog, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

winver

Ini akan membuka jendela “About Windows” yang menampilkan informasi detail tentang versi Windows yang Anda gunakan.

18. Melalui Registry Editor

Registry Editor adalah alat bawaan Windows yang memungkinkan Anda untuk mengedit registry sistem. Anda juga dapat menggunakan Registry Editor untuk melihat informasi tentang versi Windows. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Registry Editor: Buka menu Start, ketik “regedit” dalam kotak pencarian, dan buka aplikasi Registry Editor yang muncul.

2. Navigasi ke Key yang Tepat: Di dalam Registry Editor, navigasikan ke kunci registry berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion

3. Periksa Informasi Versi: Di panel sebelah kanan, cari entri bernama “ProductName” dan “CurrentBuildNumber”. Ini akan memberikan informasi tentang versi dan build Windows yang sedang digunakan.

Kesimpulan

Mengecek versi Windows yang sedang digunakan merupakan langkah penting dalam memahami dan mengelola sistem operasi Anda. Dengan mengetahui versi yang tepat, Anda dapat memastikan kompatibilitas perangkat lunak, melakukan pemecahan masalah, dan menjaga keamanan sistem Anda dengan lebih baik.

Dalam panduan ini, telah dijelaskan berbagai cara untuk memeriksa versi Windows, mulai dari penggunaan Command Prompt, Registry Editor, hingga pengaturan modern seperti Pengaturan (Settings) dan Run Dialog. Setiap metode memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna.

Pastikan untuk memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda dan lingkungan sistem Anda. Selain itu, ingatlah untuk secara teratur memperbarui sistem operasi Anda dan menjaga keamanan sistem Anda dengan baik untuk memastikan kinerja yang optimal dan keamanan yang maksimal.

Dengan memahami lebih lanjut tentang versi Windows yang sedang digunakan di komputer Anda, Anda akan dapat mengoptimalkan penggunaan sistem operasi Windows Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menjelajahi dan memahami lebih lanjut tentang sistem operasi Windows. Terima kasih telah membaca!

Bagikan:

Tinggalkan komentar