3 Cara Mengganti Nama Komputer di Windows 10

ViaByte.Net

Mengganti Nama Komputer Windows

Mengganti nama komputer di sistem operasi Windows 10 adalah langkah yang penting untuk mempersonalisasi pengalaman pengguna Anda. Nama komputer yang sesuai dengan preferensi atau kebutuhan Anda dapat membantu dalam identifikasi perangkat Anda dalam jaringan atau lingkungan kerja yang lebih besar.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tiga cara berbeda untuk mengganti nama komputer di Windows 10, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Menggunakan Pengaturan Windows

Salah satu cara termudah untuk mengganti nama komputer di Windows 10 adalah melalui pengaturan bawaan sistem. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan: Klik ikon “Start” di pojok kiri bawah layar Anda, kemudian pilih opsi “Settings” (pengaturan) yang ditandai dengan ikon roda gigi.
  2. Pilih Sistem: Di jendela Pengaturan, klik pada opsi “System” di sisi kiri layar.
  3. Pilih Tentang: Di panel sebelah kiri, gulir ke bawah dan pilih opsi “About” (tentang).
  4. Ganti Nama Komputer: Di bagian atas jendela “About”, Anda akan melihat nama komputer Anda saat ini. Klik pada opsi “Rename this PC” (ganti nama PC ini), dan Anda akan dapat mengeditnya sesuai keinginan Anda.
  5. Simpan Perubahan: Setelah Anda mengedit nama komputer, klik tombol “Next” (selanjutnya) dan kemudian “Restart now” (restart sekarang) untuk menerapkan perubahan. Komputer Anda akan me-restart dan nama baru akan diterapkan.

2. Melalui Panel Kontrol

Metode lain untuk mengganti nama komputer adalah melalui Panel Kontrol. Meskipun ini sedikit lebih rumit daripada menggunakan pengaturan Windows, tetapi tetap efektif. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Panel Kontrol: Tekan tombol “Windows + R” untuk membuka kotak dialog “Run”, ketik “Control Panel”, lalu tekan Enter.
  2. Pilih Sistem dan Keamanan: Di jendela Panel Kontrol, pilih opsi “System and Security” (sistem dan keamanan).
  3. Pilih Sistem: Di bawah bagian “System”, pilih opsi “System” (sistem).
  4. Ganti Nama Komputer: Di jendela “System”, klik pada opsi “Change settings” (ubah pengaturan) di sisi kanan.
  5. Ubah Nama Komputer: Di jendela “System Properties”, pilih tab “Computer Name” (nama komputer) dan klik tombol “Change” (ubah).
  6. Masukkan Nama Baru: Ketik nama baru untuk komputer Anda dalam kotak teks yang sesuai. Pastikan untuk memilih opsi “Workgroup” atau “Domain” yang sesuai dengan jaringan Anda.
  7. Restart Komputer: Setelah Anda mengubah nama komputer, komputer Anda akan meminta untuk me-restart. Klik “OK” dan kemudian “Close” (tutup) untuk menyelesaikan proses.
Baca juga:  10 Tips dan Trik untuk Mengoptimalkan Kinerja Windows 10

3. Melalui Command Prompt

Metode ketiga melibatkan menggunakan Command Prompt (CMD) untuk mengganti nama komputer. Meskipun ini lebih canggih dan memerlukan sedikit pengetahuan tentang command line, tetapi dapat menjadi alternatif yang kuat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt: Klik kanan pada tombol “Start” dan pilih opsi “Windows Terminal (Admin)” atau “Command Prompt (Admin)” untuk membuka Command Prompt dengan hak akses administrator.

2. Jalankan Perintah: Di jendela Command Prompt, ketik perintah berikut:

WMIC computersystem where caption='currentname' rename newname

Gantilah ‘currentname’ dengan nama komputer yang ingin Anda ganti dan ‘newname’ dengan nama baru yang diinginkan.

3. Restart Komputer: Setelah Anda menekan Enter dan perintah berhasil dieksekusi, komputer Anda akan meminta untuk me-restart. Ketik “Y” dan tekan Enter untuk melanjutkan.

Penutup

Mengganti nama komputer di Windows 10 dapat dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda, seperti melalui Pengaturan Windows, Panel Kontrol, atau Command Prompt.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan, dan Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan nama komputer Anda sesuai dengan yang diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengelola perangkat Windows 10 Anda dengan lebih baik.

Bagikan:

Tinggalkan komentar