Cara Buat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Tanpa Aplikasi

ViaByte.Net

Nada Dering WhatsApp

WhatsApp (WA) telah menjadi salah satu platform komunikasi paling populer di dunia. Dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, WhatsApp menawarkan berbagai fitur menarik, termasuk kemampuan untuk mengatur nada dering pribadi untuk setiap kontak.

Salah satu fitur yang cukup diminati adalah kemampuan untuk memiliki nada dering yang memanggil nama kontak Anda ketika ada panggilan masuk.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat nada dering WA sebut nama tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan, dengan cara yang mudah!

Mengapa Nada Dering Sebut Nama?

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, mari kita lihat mengapa memiliki nada dering sebut nama bisa menjadi tambahan yang menyenangkan untuk pengalaman WhatsApp Anda.

  1. Personalisasi: Dengan menggunakan nada dering sebut nama, Anda dapat menambahkan sentuhan personal pada panggilan masuk Anda. Ini membuat pengalaman komunikasi menjadi lebih intim dan menarik.
  2. Pengenalan Kontak: Dengan mendengar nama kontak saat ada panggilan masuk, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi siapa yang sedang memanggil tanpa perlu melihat layar ponsel Anda.
  3. Kemudahan: Meskipun terdengar canggih, membuat nada dering sebut nama di WhatsApp sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Langkah-langkah Membuat Nada Dering Sebut Nama di WhatsApp:

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat nada dering sebut nama di WhatsApp:

1. Siapkan File Suara

Pertama, Anda perlu menyiapkan file suara yang akan digunakan sebagai nada dering. Pastikan file tersebut memiliki format yang kompatibel dengan WhatsApp, seperti format MP3.

Menciptakan nada dering WA yang memanggil nama sendiri juga dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai platform online, seperti:

1. Sound of Text: Sound of Text adalah salah satu situs yang menyediakan layanan untuk menghasilkan file audio MP3 dari teks. Dengan situs ini, Anda dapat membuat suara yang mirip dengan suara Google Assistant saat membacakan teks. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs resmi Sound of Text di https://soundoftext.com/.
  • Ketik atau salin nama yang ingin Anda gunakan untuk nada dering ke kolom yang tersedia.
  • Pilih suara yang diinginkan, dengan pilihan aksen yang beragam, mulai dari bahasa Indonesia, Inggris, hingga Italia.
  • Klik tombol Submit.
  • Hasil suara akan secara otomatis muncul di bawahnya yang dapat Anda dengar dan unduh.
Baca juga:  Cara Cek Umur Kartu, Masa Aktif, Dan Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel, Axis, Indosat, XL Axiata, Tri, Smartfren dengan Mudah

2. FreeTTS: FreeTTS adalah platform lain yang memungkinkan Anda mengubah teks menjadi ucapan secara online tanpa biaya, dengan hasil file dalam format MP3. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs FreeTTS di https://freetts.com/.
  • Ketik nama yang akan Anda gunakan sebagai nada dering.
  • Pilih karakter suara yang diinginkan.
  • Klik tombol ‘Convert to MP3’.
  • Lanjutkan dengan mengklik tombol Download untuk menyimpan file audio yang telah dibuat.

2. Ubah Nama File

Ubah nama file suara tersebut menjadi nama kontak yang ingin Anda gunakan. Misalnya, jika Anda ingin membuat nada dering sebut nama untuk kontak “Andi”, ubah nama file menjadi “Andi.mp3”.

3. Simpan File di Folder Tertentu

Selanjutnya, simpan file suara yang telah Anda ubah nama tersebut ke dalam folder tertentu di ponsel Anda. Pastikan Anda dapat dengan mudah menemukan file tersebut nantinya.

4. Buka WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan buka percakapan dengan kontak yang ingin Anda atur nada deringnya.

5. Atur Nada Dering

Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu opsi. Pilih opsi “Rincian” atau “Info” dari menu tersebut.

6. Pilih Nada Dering

Di layar rincian kontak, pilih opsi “Nada Dering”. Anda akan dibawa ke layar di mana Anda dapat memilih nada dering untuk kontak tersebut.

7. Pilih File Suara

Di layar pilihan nada dering, cari dan pilih file suara yang telah Anda simpan sebelumnya dengan nama kontak yang sesuai.

8. Simpan Pengaturan

Setelah Anda memilih file suara tersebut, tekan “Simpan” atau “OK” untuk menyimpan pengaturan nada dering Anda. Sekarang, setiap kali kontak tersebut menelepon Anda, Anda akan mendengar nama mereka disebutkan sebagai nada dering.

Baca juga:  Cara Membersihkan File Sampah dari Sistem Ubuntu

Kesimpulan

Membuat nada dering sebut nama di WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan sebenarnya cukup mudah dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan cepat menambahkan sentuhan personal pada pengalaman panggilan masuk Anda di WhatsApp.

Jadi, cobalah untuk mempersonalisasi pengalaman Anda dengan nada dering sebut nama yang unik dan menarik!

Bagikan:

Tinggalkan komentar