Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Windows 11

ViaByte.Net

Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang dirilis pada bulan Oktober 2021.

Sebagai penerus Windows 10, Windows 11 hadir dengan sejumlah pembaruan signifikan dan fitur-fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang Windows 11, termasuk fitur-fitur utama, persyaratan sistem, dan tips penggunaan.

Fitur-Fitur Utama Windows 11

Antarmuka Pengguna yang Ditingkatkan

Salah satu perubahan paling mencolok dalam Windows 11 adalah antarmuka pengguna yang sepenuhnya diperbarui. Start Menu kini berada di tengah taskbar, memberikan tampilan yang lebih bersih dan terorganisir. Jendela aplikasi juga memiliki sudut yang lebih membulat dan tata letak yang lebih elegan, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih modern dan menyenangkan.

Snap Layouts dan Snap Groups

Fitur Snap Layouts dan Snap Groups memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur jendela aplikasi mereka ke dalam tata letak yang disesuaikan, sehingga meningkatkan produktivitas. Pengguna dapat memilih dari berbagai tata letak yang disesuaikan atau menggunakan Snap Groups untuk menyimpan dan mengatur jendela aplikasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Microsoft Store yang Diperbarui

Microsoft Store dalam Windows 11 mengalami pembaruan besar-besaran, termasuk perubahan dalam desain, navigasi yang lebih mudah, dan ketersediaan aplikasi Android. Pengguna sekarang dapat mengunduh dan menjalankan aplikasi Android langsung dari Microsoft Store, membuka pintu bagi lebih banyak pilihan aplikasi dan pengalaman baru.

Integrasi Microsoft Teams

Dengan Windows 11, Microsoft Teams terintegrasi secara langsung ke dalam sistem operasi, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan panggilan video, konferensi, dan berkolaborasi dengan tim mereka tanpa perlu meninggalkan lingkungan Windows. Ini membuat komunikasi dan kolaborasi menjadi lebih mudah dan efisien.

Persyaratan Sistem Windows 11

Windows 11 membawa sejumlah pembaruan signifikan dalam hal persyaratan sistem. Untuk menjalankan Windows 11 dengan lancar, berikut adalah beberapa persyaratan minimum yang perlu dipenuhi:

  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan setidaknya 2 core pada prosesor 64-bit
  • RAM: 4 gigabyte (GB)
  • Penyimpanan: 64 GB atau lebih besar
  • Tampilan: Layar 9-inch atau lebih besar, dengan resolusi minimal 720p
  • TPM: Modul Platform Terpercaya versi 2.0
  • Secure Boot: Capable UEFI
  • Grafis: Kartu grafis DirectX 12 / WDDM 2.x

Pastikan perangkat Anda memenuhi persyaratan ini sebelum memutuskan untuk mengupgrade ke Windows 11 untuk memastikan kinerja dan kestabilan sistem yang optimal.

Tips Penggunaan Windows 11

Berikut adalah beberapa tips berguna untuk penggunaan Windows 11 agar dapat mengoptimalkan pengalaman pengguna Anda:

1. Kenali Antarmuka Pengguna Baru

Kenali Antarmuka Pengguna Baru adalah langkah penting dalam memahami Windows 11. Dalam Windows 11, terdapat sejumlah perubahan signifikan dalam antarmuka pengguna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Antarmuka pengguna yang baru ini mencakup beberapa elemen utama, termasuk Start Menu yang telah diperbarui, Taskbar yang dipusatkan, dan fitur Snap Layouts yang baru.

  1. Start Menu yang Diperbarui: Start Menu dalam Windows 11 mengalami perubahan signifikan dari desain sebelumnya. Sekarang memiliki tampilan yang lebih bersih dan modern dengan ikon aplikasi yang lebih besar dan tata letak yang lebih teratur. Ini memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengakses aplikasi dan file dengan lebih cepat.
  2. Taskbar yang Dipusatkan: Taskbar dalam Windows 11 dipusatkan secara default, memberikan tampilan yang lebih bersih dan simetris. Ini memberikan kesan visual yang menyenangkan dan memudahkan navigasi antara aplikasi dan jendela yang sedang berjalan.
  3. Snap Layouts yang Baru: Windows 11 memperkenalkan fitur Snap Layouts yang baru, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur jendela aplikasi mereka secara presisi dan cepat. Dengan menggunakan Snap Layouts, pengguna dapat membagi layar mereka menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang berbeda untuk multitasking yang lebih efisien.
Baca juga:  3 Cara Mengganti Nama Komputer di Windows 10

Dengan mengenal antarmuka pengguna baru ini, pengguna dapat beradaptasi lebih cepat dengan Windows 11 dan memaksimalkan penggunaan sistem operasi ini. Ini akan membantu pengguna untuk menjadi lebih efisien dalam menjalankan tugas sehari-hari dan memanfaatkan fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Windows 11.

2. Gunakan Snap Layouts dan Snap Groups

Gunakan Snap Layouts dan Snap Groups adalah salah satu tips penting dalam memaksimalkan penggunaan Windows 11. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur jendela aplikasi dengan cepat dan mudah, sehingga Anda dapat mengoptimalkan penggunaan ruang layar Anda dan meningkatkan produktivitas Anda.

  1. Snap Layouts: Fitur Snap Layouts memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengatur jendela aplikasi menjadi tata letak yang terstruktur. Anda dapat dengan mudah membagi layar Anda menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang berbeda, seperti membagi layar menjadi dua kolom atau empat kuadran. Dengan Snap Layouts, Anda dapat dengan mudah melakukan multitasking dan melihat beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus memindahkan atau mengatur ulang jendela secara manual.
  2. Snap Groups: Snap Groups memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengelola tata letak Snap Layouts yang berbeda sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat menyimpan beberapa tata letak Snap Layouts yang berbeda untuk situasi atau proyek yang berbeda, dan dengan cepat beralih antara mereka sesuai kebutuhan. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur dan mengoptimalkan ruang layar Anda untuk berbagai tugas atau proyek tanpa perlu mengatur ulang jendela setiap kali.

Dengan menggunakan Snap Layouts dan Snap Groups, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda dengan memanfaatkan ruang layar Anda secara optimal dan mengatur jendela aplikasi dengan cepat dan efisien. Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada pekerjaan Anda tanpa terganggu oleh tata letak jendela yang berantakan atau membuang waktu untuk mengatur ulang jendela secara manual.

3. Sesuaikan Pengaturan Privasi

Sesuaikan Pengaturan Privasi merupakan langkah penting dalam menggunakan Windows 11 dengan aman dan sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Windows 11 memberikan kontrol yang lebih besar kepada pengguna atas privasi mereka, sehingga penting untuk memeriksa dan menyesuaikan pengaturan privasi Anda sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda sendiri.

  1. Periksa Pengaturan Privasi: Pertama-tama, periksa pengaturan privasi yang tersedia di Windows 11. Anda dapat mengakses pengaturan privasi melalui menu Settings atau Pengaturan di Windows 11.
  2. Sesuaikan Pengaturan: Setelah Anda mengakses pengaturan privasi, telusuri opsi-opsi yang tersedia dan sesuaikan sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur kebijakan privasi terkait akses aplikasi ke kamera, mikrofon, dan lokasi Anda, serta memilih untuk menonaktifkan pengumpulan data pengguna oleh Microsoft untuk tujuan analisis atau personalisasi.
  3. Perhatikan Opini Privasi: Saat Anda mengatur pengaturan privasi, perhatikan opsi-opsi yang diberikan dan pertimbangkan implikasi dari setiap pilihan. Pastikan untuk memahami konsekuensi dari setiap pengaturan privasi yang Anda pilih untuk memastikan bahwa privasi Anda terlindungi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan menyesuaikan pengaturan privasi Anda, Anda dapat memastikan bahwa informasi pribadi Anda tidak disalahgunakan dan bahwa Anda memiliki kendali penuh atas data Anda sendiri. Ini akan memberikan Anda kepercayaan diri dalam menggunakan Windows 11 dan memungkinkan Anda untuk menjelajahi sistem operasi ini dengan lebih nyaman dan aman.

4. Manfaatkan Microsoft Teams

Manfaatkan Microsoft Teams adalah suatu langkah yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kolaborasi tim Anda dalam menggunakan Windows 11. Dalam Windows 11, Microsoft Teams telah diintegrasikan lebih dalam, memungkinkan Anda untuk menjelajahi fitur-fitur kolaborasi dengan lebih efisien dan mudah langsung dari desktop Anda.

  1. Panggilan Video dan Pertemuan: Dengan integrasi Microsoft Teams dalam Windows 11, Anda dapat melakukan panggilan video dan pertemuan dengan tim Anda tanpa perlu membuka aplikasi Teams terpisah. Anda dapat memulai atau bergabung dengan panggilan video atau pertemuan langsung dari desktop Anda dengan cepat dan mudah.
  2. Kolaborasi Langsung dari Desktop: Anda dapat berkolaborasi dengan tim Anda secara langsung dari desktop Anda dalam Windows 11. Anda dapat mengirim pesan, berbagi file, dan berkolaborasi dalam dokumen secara langsung melalui integrasi Teams, tanpa perlu beralih antara aplikasi atau jendela.
Baca juga:  Segala Hal yang Perlu Diketahui tentang Windows 10

Dengan memanfaatkan integrasi Microsoft Teams dalam Windows 11, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kolaborasi tim Anda dengan lebih efisien. Anda dapat mengakses fitur-fitur Teams secara langsung dari desktop Anda tanpa perlu membuka aplikasi terpisah, sehingga memungkinkan Anda untuk fokus pada pekerjaan Anda tanpa terganggu oleh beralih antara aplikasi.

5. Gunakan Fitur Penelusuran Cepat

Gunakan Fitur Penelusuran Cepat adalah langkah yang berguna untuk meningkatkan efisiensi dalam menggunakan Windows 11. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat mencari file, aplikasi, dan pengaturan tanpa harus melalui proses yang rumit.

  1. Tombol Pintas Windows + S: Dengan menekan tombol pintas Windows + S pada keyboard Anda, Anda dapat dengan cepat mengakses fitur penelusuran cepat yang terletak di Taskbar. Ini membuka kotak pencarian di bagian tengah layar, siap untuk menerima input dari pengguna.
  2. Cari File, Aplikasi, dan Pengaturan: Dari kotak pencarian yang terbuka, Anda dapat mulai mengetik kata kunci untuk mencari file, aplikasi, atau pengaturan yang Anda perlukan. Windows 11 akan secara otomatis mencocokkan hasil pencarian dengan kata kunci yang Anda masukkan, memudahkan Anda untuk menemukan apa yang Anda cari dengan cepat.
  3. Cepat dan Mudah: Fitur penelusuran cepat ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mencari berbagai item di dalam sistem operasi Windows 11. Dengan menggunakan tombol pintas Windows + S, Anda dapat dengan cepat mencari dan mengakses file, aplikasi, dan pengaturan tanpa harus melalui beberapa langkah atau menu yang rumit.

Dengan memanfaatkan fitur penelusuran cepat ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam menggunakan Windows 11 dengan cara yang mudah dan efisien. Anda dapat dengan cepat menemukan apa yang Anda butuhkan tanpa harus membuang waktu untuk mencari-cari di berbagai tempat.

6. Atur Grup Aplikasi Favorit Anda di Start Menu

Atur Grup Aplikasi Favorit Anda di Start Menu adalah cara praktis untuk mempersonalisasi pengalaman Anda dengan Windows 11. Dengan menambahkan dan mengatur grup aplikasi favorit Anda di Start Menu, Anda dapat dengan cepat mengakses aplikasi yang sering Anda gunakan tanpa harus mencarinya di seluruh sistem operasi.

  1. Tambahkan Aplikasi Favorit: Pertama, Anda dapat menambahkan aplikasi favorit Anda ke Start Menu. Ini bisa dilakukan dengan mencari aplikasi yang ingin Anda tambahkan, klik kanan pada ikon aplikasi tersebut, lalu pilih opsi “Pin to Start” dari menu konteks.
  2. Buat Grup Aplikasi: Setelah Anda menambahkan beberapa aplikasi favorit ke Start Menu, Anda dapat mengatur mereka menjadi grup-grup yang lebih terorganisir. Caranya, cukup seret dan letakkan ikon aplikasi bersama-sama di Start Menu untuk membuat grup baru.
  3. Atur Grup Aplikasi: Setelah Anda membuat grup aplikasi, Anda dapat mengatur ulang posisi mereka di Start Menu sesuai dengan preferensi Anda. Anda bahkan dapat menamai grup-grup ini agar lebih mudah dikenali dan diakses.
Baca juga:  3 Cara Mengganti Nama Komputer di Windows 11 dengan Mudah

Dengan mengatur grup aplikasi favorit Anda di Start Menu, Anda dapat mengakses aplikasi-aplikasi yang paling sering Anda gunakan dengan cepat dan mudah. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari-cari aplikasi di dalam sistem operasi.

7. Manfaatkan Desktop Virtual

Manfaatkan Desktop Virtual adalah cara yang berguna untuk meningkatkan produktivitas Anda dalam menggunakan Windows 11. Dengan menggunakan fitur desktop virtual, Anda dapat mengatur tugas dan proyek Anda secara terpisah, memungkinkan Anda untuk tetap terorganisir dan fokus pada pekerjaan yang sedang Anda lakukan tanpa terganggu oleh aplikasi lain.

  1. Membuat Desktop Virtual: Pertama, Anda dapat membuat desktop virtual tambahan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini bisa dilakukan dengan mudah melalui Task View di Windows 11, di mana Anda dapat menemukan opsi untuk membuat desktop virtual baru.
  2. Mengatur Tugas dan Proyek: Setelah Anda membuat desktop virtual tambahan, Anda dapat menggunakannya untuk mengatur tugas dan proyek Anda secara terpisah. Misalnya, Anda dapat menetapkan desktop virtual tertentu untuk proyek tertentu atau untuk jenis pekerjaan tertentu.
  3. Fokus dan Terorganisir: Dengan menggunakan desktop virtual, Anda dapat fokus pada satu tugas atau proyek tanpa terganggu oleh aplikasi atau jendela lain yang terbuka di desktop utama Anda. Ini memungkinkan Anda untuk tetap terorganisir dan mengurangi gangguan selama bekerja.

Dengan manfaatkan desktop virtual, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda dan tetap terfokus pada pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur tugas dan proyek Anda secara terpisah, sehingga Anda dapat dengan mudah beralih antara mereka tanpa harus mencampur adukkan jendela aplikasi di desktop utama Anda.

8. Periksa Pembaruan Rutin

Periksa Pembaruan Rutin merupakan langkah penting dalam menjaga keamanan dan kinerja sistem operasi Windows 11 Anda. Dengan memeriksa pembaruan sistem operasi yang tersedia secara rutin melalui layanan Windows Update, Anda dapat memastikan bahwa perangkat Anda tetap aman dan berjalan dengan lancar dengan pembaruan terbaru yang disediakan oleh Microsoft.

  1. Pembaruan Keamanan: Pembaruan rutin melalui layanan Windows Update seringkali mencakup pembaruan keamanan yang dirancang untuk melindungi perangkat Anda dari ancaman keamanan yang baru dan yang terus berkembang. Dengan memeriksa dan menginstal pembaruan keamanan ini secara teratur, Anda dapat meminimalkan risiko serangan malware, virus, dan ancaman keamanan lainnya.
  2. Pembaruan Kinerja: Selain pembaruan keamanan, pembaruan rutin juga dapat mencakup pembaruan yang dirancang untuk meningkatkan kinerja sistem operasi Anda. Ini dapat termasuk perbaikan bug, peningkatan stabilitas, dan optimalisasi kinerja yang memungkinkan perangkat Anda berjalan lebih lancar dan responsif.
  3. Pengaturan Otomatis: Anda dapat mengatur layanan Windows Update untuk memeriksa dan mengunduh pembaruan secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang melewatkan pembaruan penting. Namun, Anda juga dapat memeriksa pembaruan secara manual kapan pun Anda mau untuk memastikan bahwa perangkat Anda selalu diperbarui dengan pembaruan terbaru.

Dengan memeriksa pembaruan rutin melalui layanan Windows Update, Anda dapat memastikan bahwa perangkat Windows 11 Anda tetap aman, stabil, dan berjalan dengan lancar dengan memanfaatkan pembaruan terbaru dari Microsoft. Ini adalah langkah yang penting untuk menjaga keamanan dan kinerja sistem operasi Anda dalam jangka panjang.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan pengalaman pengguna Anda dengan Windows 11 dan meningkatkan produktivitas Anda dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Bagikan:

Tinggalkan komentar